18 September 2017

MEMBUAT GAME TETRAVEX DENGAN DELPHI


Apa itu Tetravex ?

Mungkin sudah banyak yang tahu juga, tetravex adalah salah satu permainan yang memerlukan pemikiran, logika dan ketelitian untuk dapat menyelesaikannya. Cara memainkan permainan ini adalah menyusun balok-balok permainan sehingga nilai pada sisi-sisi balok yang bersebelahan benilai sama. Permainan selesai jika semua kotak sudah masuk ke dalam papan permainan.

Sudah banyak juga berbagai versi untuk permainan tetravex. Di sini Penulis iseng-iseng membuat aplikasi game Tetravex dengan Delphi, sedikit agak sulit tapi kalau kita sudah paham algoritma itu akan terasa mudah.

Berikut game tetravex yang Penulis buat.

1. Awal Permainan




Permainan dibuat dengan pola 3x3

2. Cara Mulai Permainan


Pilih Menu Permainan dan pilih Mulai

3. Tampilan Mulai Permainan


Sebelah kanan tersebut merupakan kepingan yang dibuat acak, dan harus dipindahkan ke sisi sebelah kiri sampai kepingan tersusun dengan pasangan nomor yang sesuai pada setiap sisi kepingan.

4. Cara Bermain


Untuk cara bermainnya klik kepingan bagian kanan, kemudian klik bagian sebelah kiri yang kosong untuk menentukan posisi kepingan yang akan disimpan



5. Akhir Permainan


Setelah semua dipindahkan dengan benar semua akan tersusun sesuai dengan pasangan nya. Dan Anda berhasil menyelesaikan permainan nya

Permainan ini cocok untuk melatih mental dan logika kita, dan apalagi kita bisa membuat game sendiri akan lebih mengasah logika dan kepekaan kita..

Untuk bagaimana logika dan contoh source code nya akan dijelaskan diartikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat dan selamat bercoding..

2 comments:

Silakan masukkan komentar Anda untuk perkembangan blog ini.