14 September 2017

KONSEP DASAR LAN (LOCAL AREA NETWORK)

1. Komunikasi Data

Local Area Network merupakan bagian dari komunikasi data di dalam dunia komputer dan karena itu perlu diketahui terlebih dulu apa yang dimaksud dengan komunikasi data agar tidak terjadi salah pengertian dalam penjelasan-penjelasan selanjutnya.
Sebenarnya definisi komunikasi data ada bermacam-macam karena belum adanya pembakuan dalam istilah-istilah yang bersangkutan dengan dunia komputer. Secara singkat komunikasi data merupakan pengiriman data secara elektronik dari satu tempat ke tempat lain melalui suatu media komunikasi; dan data yang dikirimkan tersebut merupakan hasil atau akan diproses oleh suatu system komputer.

2. Jaringan (Network)

Sama seperti istilah komunikasi data, maka istilah network atau jaringan juga belum ada pembakuan yang pasti, karena itu untuk penjelasan lebih lanjut maka network atau jaringan ini didefinisikan sebagai hubungan antara dua atau lebih system komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lain.
Dalam membahas jaringan selalu ada tiga komponen yang penting yang perlu dimengerti yaitu :
1. Host atau node
2. Link
3. Perangkat Lunak (Software)

2.1 Host atau Node (Simpul)
Host atau node (simpul) adalah system komputer yang berfungsi sebagai sumber atau penerima dari data yang dikirimkan. Local host adalah sistem komputer yang dapat diakses oleh pemakai tanpa melalui jaringan, sedangkan remote host adalah sistem komputer yang hanya dapat digunakan melalui jaringan. Baik local maupun remote host dalam jaringan disebut sebagai simpul.
2.2 Link
Link adalah media komunikasi yang menghubungkan antara node yang satu dengan node yang lain. Media ini berupa saluran transmisi  misalnya kabel.
2.3 Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak (software) adalah program yang mengatur dan mengelola jaringan secara keseluruhan. Program ini terdapat baik di sistem komputer sebagai sumber data maupun di sistem komputer sebagai penerima data. Disamping itu software juga memungkinkan  sistem komputer yang satu berkomunikasi dengan sistem komputer lain, karena sama seperti manusia hanya bisa berkomunikasi bila memiliki bahasa yang sama. Software-lah yang terutama melakukan hal tersebut (ini dikenal dengan istilah “protocol”). Ketiga komponen tersebut tadi harus ada untuk membentuk suatu jaringan.

1 comment:

Silakan masukkan komentar Anda untuk perkembangan blog ini.