03 May 2017

Pengajaran Berbantuan Komputer

Ada beberapa jenis umum pengajaran berbasis komputer, yaitu tutorial, latihan, simulasi, permainan, tes, perangkat pengajaran, dan pengajaran berbasis komputer cerdas. Penjelasannya sebagai berikut :

a. Tutorial
Tutorial adalah progam komputer yanng mengajar dengan berusaha berdialog dengan siswa. Disajikan suatu materi, dalam beberapa kasus memberi siswa pertanyaan, dan membuat keputusan yang didasarkan pada jawaban siswa, apakah dilanjutkan materi baru, atau menyarankan untuk pengulangan materi atau perbaikan. Dapat dikatakan tutorial adalah pengajaran berbantuan komputer yang paling mendasar.

b. Drill
Dalam drill ini, sekumpulan pertanyaan atau masalah disajikan berulang-ulang sampai siswa menjawab atau memecahkan masalah yang diberikan pada suatu tingkat yang ditentukan sebelumnya. Program komputer diharapkan dapat meningkatkan keefektifan, efisiensi, dan kenyamanan suatu drill .

c. Simulasi
Simulasi pengajaran adalah program komputer untuk mengajar siswa yang menggambarkan suatu fenonema yang dipelajari [2]. Simulasi adalah pendekatan yang memiliki nilai kreatifitas tinggi dan pendekatan yang menarik untuk diterapkan pada pengajaran berbantuan komputer. Program demonstrasi (visualisasi) adalah bagian dari simulasi, dengan fungsi (hanya) memperlihatkan sesuatu pada siswa. Simulasi tentang proses penurunan suatu aturan produksi akan sangat bermanfaat bagi pengajar dalam menjelaskannya pada siswa.

d. Permainan Pendidikan
Diantara metode pendidikan yang penting adalah permainan. Permainan merupakan hal yang menyenangkan dan dilakukan oleh setiap orang, dan kualitas motivasinya dapat meningkatkan keinginan belajar.

e. Evaluasi
Evaluasi merupakan komponen penting dalam proses pengajaran. Program komputer untuk pengevaluasian bukan hanya memungkinkan peningkatan kualitas evaluasi, yaitu meningkatkan keakuratan dalam pengukuran pengetahuan siswa, tetapi memungkinkan pula membebaskan pengajar dalam administrasi dan  penilaian evaluasi yang kadang membosankan. Ada dua fungsi yang dapat dikembangkan yaitu penyusunan soal dan administrasi evaluasi.

f. Pengajaran Berbantuan Komputer Cerdas
Pengajaran Berbantuan Komputer Cerdas memiliki dua area utama yaitu model siswa dan sistem pakar. Program model siswa merangkum data rinci tentang kerja siswa dan memformulasikan suatu hipotesa tentang apa yang siswa tahu dan pikir. Dari informasi tersebut program memutuskan strategi pengajaran dan urutannya. Untuk sistem pakar, idealnya memiliki semua pengetahuan tentang hal tertentu, himpunan logika yang menghubungkan semua informasi sehingga bukan hanya daftar fakta tetapi pengetahuan yang terintegrasi. Dalam beberapa kasus sistem pakar adalah suatu program yang membolehkan seseorang untuk berkomunikasi dengan mudah dan menggunakan bahasa alami dengan komputer.


1 comment:

Silakan masukkan komentar Anda untuk perkembangan blog ini.