03 May 2017

Kriptografi

Kriptografi adalah suatu ilmu atau seni mengamankan pesan, dan dilakukan oleh cryptographer. Sedangkan  cryptanalys adalah suatu ilmu dan seni membuka (breaking) ciphertext  dan orang yang melakukannya disebut cryptanalys. Ditinjau dari terminologinya, kata kriptografi berasal dari bahasa Yunani yaitu kryptos, ‘menyembunyikan’, dan graphein ‘menulis;, sehingga dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mengubah informasi dari keadaan/bentuk normak (dapat dipahami) menjadi bentuk yang tidak dapat dipahami.

Algoritma Kriptografi selalu terdiri dari dua bagian, yaitu enkripsi dan dekripsi. Enkripsi (encryption) merupakan proses yangdilakukan untuk mengubah pesan yang tidak disanikan (plaintext atau cleartext) ke dalam bentuk yang tidak dapat dibaca (ciphertext) Sdangkan dekripsi (decryption) adalah proses kebalikannya. Proses enkripsi dan dekripsi diatur oleh satu atau beberapa kunci kriptografi. Dalam suatu sistem dimana terdapat algoritma kriptografi, ditambah seluruh kemungkinan plaintext, ciphertext dan kunci-kuncinya[9] disebut kriptosistem(cryptosystem atau cryptographic system). Secara sederhana proses kriptografi dapat digambarkan sebagai berikut:


Aritmatika modular merupakan operasi matematika yang banyak dipergunakan pada metoda kriptogarfi simetris, adalag aritmatika modulo dua dan operasi XOR (Exlusive OR) dengan symbol . Operasi modulo dua ini melibatkan o dan 1 saja sehingga identik dengan bit pada komputer. Seluruh kemungkinan nilai operasi XOR ini dapat dilihat pada table di bawah ini.

Tabel  1. Operasi XOR




1 comment:

Silakan masukkan komentar Anda untuk perkembangan blog ini.