14 January 2011

Penemuan Almanak

Contoh Almanak

Almanak atau buku refensi  tahunan hari ini adalah suatu campuran yang unik dari beberapa obat raakyat,prediksi dan tabel astrologi, pengajaran moral, ramalan, palmistri, perkatan populer dan saran bertani secara praktis. Almanak juga berisi detil yang lengkap dari semua festival atau peraayan cina, suatu penanggalan lengkap dengan arti dari setiap hari diterangkan, detil astronomi, nasihat atas etika dan suatu pengucapan kata-kata panduan ke Bahasa Inggris. Di Cina, almanak disebut T’ung Shu (“Book of Myriad Things” atau “Buku tentang Berbagai Hal)

Tradisi menceritakan bahwa T’ung Shu diproduksi di Negeri Cina pada 2256 SM (Sebelum Masehi). Mungkin,T’ung Shu adalah salah satu dari buku pertama yang dicetak oleh mesin cetak blok yang ditemukan pada abad VII M.

T’ung Shu mula-mula disiapkan sebagai penanggalan untuk Kaisar Yao, dan telah dihormati sebagai tanda dari kekuasaan kaisar.Di Kerajaan Cina, otoritas penguasa diperkuat oleh kemampuan dari astrolog pengadilannya untuk menghasilkan suatu penanggalan yang akurat. Dengan penggambaran kesimpulan gerhana dan waktu panen yang baik,kaisar bisa menunjukkan bahwa ia berkuasa di dalam lapisan-lapisan langit dan musim.

Astrolog Taois,Budhis dan Muslim selama berabad-abad memperbarui almanak.Misionaris Jesuit di Negeri Cina,antara 1629 dan 1687 jadi bertanggung jawab untuk almanak.Jesuit adalah serikat agama Katolik yeng didirikan oleh Santo Ignatius Loyola pada 1534.Dengan bantuan alat-alat astronomi yang lebih canggih dibanding yang dimiliki orang Cina, mereka memperbaiki penanggalan Cina seperti diterbitkan  dalam almanak dan dibawanya  ke dalam deretan dengan praktek barat.Tanggal Tahun Baru Cina masih disusun dengan metode yang ditetapkan Jesuit.

Saat ini juga, almanak diproduksi oleh Masyarakat Cina di Taiwan dan Asia Tenggara. Almanak terutama sekali populer di Hong Kong,di sini gubernur suatu salinan yang baru pada setiap Tahun Baru. dan almanak yang lama dengan resmi dibakar.Meskipun dipandang ironis, setelah pengambil-alihan oleh Komunis pada 1949, almanak tetap telah ditindas di Negeri Cina tanah daratan tetapi almanak tetap menjadi daya tarik bagi semua orang di seluruh dunia.
 sumber: 101 KREASI DAN TEMUAN BARU ( Roopan Gosain ) 

No comments:

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda untuk perkembangan blog ini.